Suplai Minyak Indonesia Tidak Tergantung Timur Tengah

20

Jakarta – Mantan Wakil Menteri ESDM yang juga Komisaris Utama PT Perusahaan Gas Negara Tbk, Arcandra Tahar,  mengatakan suplai minyak mentah Indonesia tidak tergantung dari negara-negara di Timur Tengah.

“Kalau terjadi konflik di Timur Tengah memang berdampak, tapi bukan berarti kita bergantung hanya pada satu negara,” kata Arcandra ketika RDPU dengan Badan Anggaran DPR, Jakarta, Senin (17/2).

Lebih lanjut Archandra mengungkapkan, minyak mentah impor Indonesia sebesar 29,4 persen berasal dari Nigeria. Kemudian sebesar 41 persen dari Saudi Arabia, lalu 14,2 persen dari Australia, 5 persen dari Aljazair. Negara tersebut merupkan pemasok lima besar minyak mentah ke Indonesia. Indonesia juga dapat impor minyak mentah dari beberapa negara lain sebagai alternatif ketika Timur Tengah menghadapi konflik, yaitu dari Rusia ataupun Amerika.

Menurutnya, Indonesia pernah mengimpor minyak mentah dari Iran sebagai pengganti alternatif dari Saudi Arabia, namun ketika dicoba di kilang Cilacap hasil yang diolah tidak sesuai dengan standar Indonesia.

Lebih lanjut, Arcandra mengatakan bahwa cadangan minyak Indonesia terbukti hanya tersisa sekitar 0,2 persen cadangan dunia.

“Cadangan terbukti di bawah 3 miliar barel, ini data 2 sampai 3 tahun lalu, sebesar 0,2 persen Indonesia mewakili cadangan dunia,” kata Arcandra dilansir Antara.

Dari data tersebut, bisa disimpulkan bahwa Indonesia boleh dikatakan bukan sebagai salah satu negara yang kaya minyak, karena cadangan terbukti hanya 0,2 persen dari cadangan dunia.

“Apakah dengan adanya sebuah negara mempunyai cadangan yang besar akan menentukan kemakmuran negara?” tanya Arcandra.

Dengan tegas, Arcandra menjawab tidak, cadangan minyak dan gas tidak menentukan maju apa tidak. “Buktinya Venezuela cadangan nomor 1 tapi bukan termakmur.” Tuturnya. (Adm).

 

Sumber : trenasia.co

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Read previous post:
Gandeng Dewan Masjid, APG hadirkan Pusat Informasi Haji dan Umrah Hadir di Mangga 2 Square

Jakarta  -  Agung Podomoro Group (APG) kembali menegaskan komitmennya untuk melayani kebutuhan masyarakat. Komitmen tersebut diwujudkan dalam bentuk kerja sama...

Close