Integrasi Transportasi Jadi Solusi Mengurai Kemacetan Jakarta

37

Jakarta  – Rencana Proyek Integrasi Transportasi akan dimulai dengan penataan empat stasiun, meliputi stasiun Pasar Senen, Juanda, Tanah Abang, dan Sudirman pada Maret 2020.

Proyek tersebut merupakan kerja sama antara PT MRT dengan PT KAI di mana kedua belah pihak akan merevitalisasi 74 stasiun kereta api yang menghubungkan moda transportasi darat dan transportasi berbasis rel, sedangkan 68 stasiun lainnya akan menyusul kemudian.

Sebagai permulaan empat stasiun tersebut akan mengakomodasi para pengemudi ojek online. Selain itu, penataan juga mencakup transportasi lanjutan, mulai dari taksi, angkot, hingga TransJakarta.

Mengutip laman Wri-Indonesia (08/05/18), bukti empiris menunjukkan bahwa transportasi umum yang dikembangkan sebagai jaringan terpadu dapat menarik volume penumpang yang lebih besar karena dapat mengakomodasi berbagai tujuan tanpa harus berpindah-pindah rute.

Di samping itu, dalam sebuah Jurnal Pengembangan Kota (2018) dikatakan bahwa integrasi sistem transportasi umum berpengaruh terhadap sikap dan perilaku masyarakat. Suatu sistem transportasi umum yang optimal hanya bisa dicapai melalui pemahaman yang tepat mengenai pola perjalanan masyarakat (travel behavior) serta kebutuhan dan ekspektasi (preference) masyarakat terhadap kualitas layanan.

Sumber  : Trenasia.co

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Read previous post:
Real Madrid Sukses Menjuarai Piala Super Spanyol

Jakarta – Final Piala Super Spanyol antara Real Madrid vs Atletico Madrid yang berlangsung di King Abdullah Sports City, Jeddah,...

Close