Gunakan CEISA 4.0, Bea Cukai Diharapkan Lebih Responsif

37

Jakarta – Centralized Integrated Inter-Connected Automated (CEISA) 4.0 diharapkan menjadi pengendali bagi penentuan arah kebijakan baik di Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) maupun secara nasional.

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati juga mengharapkan Layanan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) DJBC ini,mampu memberikan layanan berkesinambungan 24×7 selama setahun.

Hal ini disampaikan saat meresmikan CEISA Command Center yang berlokasi di Gedung Kalimantan Lantai 2 sebagai rangkaian kegiatan peringatan Internasional Custom Day atau Hari Kepabeanan Internasional ke-68 di lingkungan Kantor Pusat DJBC pada Selasa (28/01).

Command Center DJBC berfungsi untuk melakukan monitoring and control sistem CEISA, data analyzing dan koordinasi serta tindakan cepat yang diperlukan sebagai respon terhadap krisis yang dihadapi stakeholder. Sebagai bagian sistem logistik internasional, CEISA 4.0 juga telah siap berintegrasi dengan sistem kepabeanan di dunia.

“Dengan CEISA Command Center, saya berharap agar Direktorat Jenderal Bea dan Cukai dapat lebih responsif dalam memahami kebutuhan dan merumuskan langkah tepat untuk mengantisipasi dan mengatasi permasalahan yang dihadapi oleh seluruh stakeholder,” ujar Menkeu.

Dengan semakin membaiknya system informasi di bidang kepabeanan dan cukai, Menkeu juga mengharapkan system ini dapat dilakukan secara penuh. Merata ke seluruh kantor dan proses bisnis serta bersinergi dengan unit eselon 1 lainnya.

Upaya inovasi pelayanan tidak hanya untuk meningkatkan tugas dan fungsi DJBC, namun sebagai salah satu langkah dalam mewujudkan tantangan dan memenangkan persaingan. Selain itu, upaya ini sekaligus memberikan kesempatan stakeholder terkait bersama-sama mengembangkan proses bisnis.

CEISA 4.0 juga akan memberikan pengalaman baru dalam melaksanakan pekerjaan dengan memberikan kemudahan dalam melakukan pekerjaan melalui ponsel pribadi seperti smartphone. Prinsip mendekatkan solusi kepada pegawai dan stakeholder serta konsep bekerja dapat dilakukan di mana saja, menjadi hal utama dalam pengembangan sistem TIK DJBC selanjutnya.  Inovasi CEISA 4.0 ……………………… Baca Selengkapnya Disini

Sumber : trenasia.co

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Read previous post:
Kemenperin Pacu Industri Makanan dan Minuman Sebagai Sektor Andalan

Jakarta – Kementerian Perindustrian (Kemenperin) fokus memacu pengembangan industri makanan dan minuman (mamin) agar terus memiliki kinerja yang gemilang. Hal...

Close