Diperkirakan, 16 Ribu Pengguna KA Tinggalkan Jakarta Besok

155

Jakarta – Kepala Humas PT KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa mengatakan pihaknya bakal memberangkatkan 16 ribu penumpang Kereta Api (KA) jarak jauh besok. Belasan ribu calon penumpang itu sudah melakukan reservasi keberangkatan dari tiga stasiun di Jakarta.

“Bicara momen Natal dan Tahun Baru di area Daop 1 Jakarta sendiri diprediksi kami yang melihat dari tingkat reservasi pesanan yang sudah masuk ini tertinggi akan terjadi tanggal 23 Desember. Itu sekitar 16 ribu pengguna jasa yang sudah melakukan reservasi yang akan berangkat baik dari Stasiun Gambir, Senen ataupun juga Jakarta Kota,” ujar Eva kepada wartawan di Stasiun Senen, Jakarta Pusat, Selasa (22/12/2020) sebagaimana dikutip dari Detik.com.

Pihak KAI menyiapkan 39 kereta api untuk keberangkatan 23 Desember. Keberangkatan momen libur Natal dan Tahun Baru besok ini disebut yang tertinggi dibanding hari libur akhir pekan.

“Kalau kita melihat dari nasional KA di hari normal ataupun weekend normal. Tapi di masa COVID-19 ini itu biasanya berkisar di antara 14 KA ataupun 16 KA per harinya. Untuk di masa COVID ini bisa dibilang naik dua kali lipat,” kata Eva.

Eva juga mengungkapkan untuk hari ini terdapat 6 ribu pengguna KA jarak jauh yang meninggalkan Jakarta. Jumlah ini termasuk yang akan diberangkatkan melalui Stasiun Gambir juga Stasiun Senen.

Diketahui PT KAI Daop 1 Jakarta menyiapkan 231.814 tempat duduk saat masa libur Natal dan tahun baru (Nataru) sejak 18 Desember hingga 6 Januari 2021 mendatang. Puncak masa angkutan diprediksi akan terjadi pada 24 Desember 2020.

“Melalui data pemesanan tiket, untuk tahun ini, puncak masa angkutan Nataru 2020/2021 diprediksi akan terjadi sekitar tanggal 23 dan 24 Desember 2020, sementara berdasarkan data reservasi per hari ini, angka keberangkatan tertinggi pada momen Nataru 2020/2021 terjadi pada 23 Desember 2020, yakni sekitar 13.730 penumpang,” ujar Kepala Humas Daop 1 Eva Chairunisa pada keterangan tertulis, Senin (21/12).

Data tersebut masih akan berubah, mengingat masih mungkin ada tambahan penumpang yang melakukan reservasi ataupun membeli tiket go show 3 jam sebelum keberangkatan untuk 18 Desember 2020 sampai dengan 06 Januari 2021.

PT KAI Daop 1 Jakarta akan mengoperasikan 47 KA Jarak Jauh setiap harinya. Keberangkatan dari Stasiun Gambir sejumlah 22 KA, keberangkatan dari Stasiun Pasar Senen sejumlah 23 KA dan keberangkatan dari Stasiun Jakarta Kota terdapat 2 KA jarak jauh. Semua kereta yang diberangkatkan menuju wilayah Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

Para penumpang yang hendak meninggalkan Jakarta via transportasi Kereta Api juga diwajibkan rapid test antigen. Di Stasiun Gambir pada Selasa (22/12) pagi, pendaftar tes di posko pelayanan di Stasiun Gambir, Jakarta Pusat, mencapai lebih dari 900 orang.

Antrean tes Corona ini juga terjadi di Stasiun Pasar Senen. Sebanyak 564 mendaftar rapid antigen pada pagi hari di Stasiun Pasar Senen. Untuk melakukan rapid test antigen, setiap calon penumpang dikenai biaya Rp 105 ribu.

Sumber Berita : Detik.com

Artikel sebelumnya telah dipublikasikan oleh Detik.com dengan judul : Detik.com, dengan judul : Momen Natal-Tahun Baru 16Ribu Pengguna KA Tinggalkan Jakarta Besok

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Read previous post:
Perbaiki Sistem Pemberantasan Korupsi, KPK Tandatangan Perjanjian Kerjasama dengan Berbagai Mitra Kerja.

Jakarta – Dalam rangka pencegahan dan pemberantasan korupsi maka Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan Mitra Kerja (Kementrian/Lembaga Negara/BUMN) melakukan Penandatanganan...

Close